Lulusan Perguruan Tinggi Mestinya Berlomba Menjadi Pengusaha Bukan Pns

Written by Side on March 31, 2021 in LIP with no comments.

Untuk tahu mengenai apa saja langkah-langkah jitu yang diperlukan dalam membangun bisnis on-line untuk mahasiswa, simak ulasan lengkap kami pada artikel Cara Memulai Bisnis Online. Usahanya itu semakin berkembang, dan kini Hamzah sudah memiliki 3 lisensi waralaba bimbel dengan jumlah siswa di atas 200 orang setiap semester. Sejak akhir 2011, bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Sebelum menjabat menjadi Walikota Solo, kemudian Gubernur DKI jakarta, dan akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo merupakan pengusaha mebel. Namun, Gibran memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Setelah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Bali, ia bekerja sebagai tukang sapu di sebuah hotel. Selang beberapa lama ia pun diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Siapa sangka pemuda yang tidak pernah lulus SMA itu akhirnya menjadi pengusaha sukses yang dapat menginspirasi siapa pun yang mendengar kisahnya.

Padahal untuk membuka usaha dan produk itu sendiri membutuhkan modal. Kita tahu bahwa seorang mahasiswa memiliki uang pas-passan, karena uang untuk biaya kuliah. Maka dari itu, kamu bisa berkreasi dan berfikir kreatif bagaimana bisa menjadikan keterampilan, hobi kamu bisa menghasilkan uang. Semakin Beli Free Spin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang yang menganggur, maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas.

Bayangkan betapa berharga dan hebatnya diri anda, karena bisa mengontrol diri anda sendiri, melalui kegiatan- kegiatan yang positif termasuk berwirausaha yang baik. Sebagaimana dikatakan oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FE UMY, Dr. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Akt. “Apalagi sekarang kita sudah memasuki MEA dan harus siap bersaing dengan negara lain. Jadi, mahasiswa mulai dari sekarang sudah harus membangkitkan jiwa kewirausahaannya, terutama bagi mahasiswa ekonomi. Populasi wirausaha penting, karena merekalah yang mampu melihat peluang, mengembangkan, dan menciptakan bisnis baru. Alhasil tercipta lapangan kerja dan tumbuhnya perekonomian negara.

Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi. Mereka menerima modal dari angel investor dengan complete nilai hanya kurang dari US$ 1 juta jauh lebih kecil dibandingkan startup digital lain yang bergerak di bidang journey. Menteri Bahlil mencontohkan salah satu pengusaha besar yakni Chairul Tanjung. Di mana dia adalah merupakan dokter gigi dari Universitas Indonesia yang kini bisa menjadi salah satu konglomerat terbaik di bangsa Indonesia. “Semua orang yang kuliah di jurusan mana pun berhak untuk menjadi pengusaha hebat,” katanya.

Keterampilan apa saja yang membuat kamu berani memulai bisnis ini, dan tujuan apa yang ingin kamu capai dari bisnis ini. Kamu harus tahu apa yang kamu inginkan dari mendirikan bisnis ini. Itu akan membuat kamu mudah menentukan kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi. Kewiurausahaan telah menghadirkan dosen senior sekaligus pengusaha di Malaysia yaitu Dr. Muhammad Ashlyzan Bin Razik yang lebih akrab dipanggil Pak Ujang. Tentu kehadiran beliau ke Unand sebuah kesempatan mengali ilmu dan pengalaman beliau bagi mahasiswa dan dosen.

Karena itu, ia mendorong mahasiswa Unikal untuk mulai berpikir berwirausaha saat masih kuliah. “Sambil membuat skripsi, mulailah berpikir untuk mulai berbisnis. Karena persaingan untuk mencari pekerjaan setelah lulus semakin ketat,” sambungnya. Hamzah menyebutkan bahwa ada beberapa syarat untuk menjadi pengusaha muda.

Salah satunya, yakni Business and Entrepreneurship Center , pusat bisnis berbasis technopreneur, sociopreneur, dan edupreneur. Oleh karena itu, jika Anda menemukan kesulitan dalam mengelola keuangan bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan software program akuntansi yang tepercaya dan akurat dalam proses hitung-menghitung. Salah satu software akuntansi yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu Jurnal. Banyaknya mahasiswa yang tidak sempat mengurus cucian dan sulitnya mencari jasa asisten rumah tangga bagi para ibu-ibu bekerja, membuat munculnya jasa laundry menjadi solusi paling jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Antusiasme seminar entrepreneur ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa melalui fitur chat di zoom assembly.

Comments are closed.