Enak Banget! 7 Rekomendasi Jajanan Manis Yogyakarta Yang Nggak Bikin Kantong Bolong

Written by Side on February 7, 2021 in Tips berjualan makanan ringan with no comments.

Ketika dimakan, rambut nenek akan serasa meleleh dalam mulut dan membuat sensasi yang menyenangkan. Setelahnya campurkan soda kue, dan ketika telah matang, letakkan adonan di atas lempengan datar panas, kemudian ditekan-tekan dengan cetakan berbentuk bulat. Untuk lempengan ini sebagai gantinya bisa menggunakan teflon.

Selain murah, kualitas rasanya juga tidak kalah dengan makanan yang memiliki gerai atau toko khusus. Sekadar bermodal gerobak, tikar dan banner, jajanan kaki lima di Jogja ini sukses mencuri perhatian pecinta kuliner Indonesia, atau bahkan dunia. Yang ukuran besar dan diberi susu kental manis Rp 5 ribu. Ikah Kartikah warga Gang Flamboyan III mengaku bisa bernostalgia saat menikmati gulali itu.

Balok es yang diserut dan disiram sirup berbagai rasa ini memang jajanan paling disukai semua umur, loh. Kami membantu mengembangkan usaha Anda melalui produk kami yang akan meningkatkan produktivitas usaha Anda. Kalau teksturnya sudah mengeras, bisa dibentuk bulat, dan membentuk garis yang kokoh saat ditarik horizontal, artinya gulali sudah siap dibentuk. Biasanya ada beberapa variasi mulai dari yang nggak terlalu pedas sampai pedasnya minta ampun. Ada juga rasa BBQ atau keju untuk kamu yang nggak suka pedas.

Salah satu jajanan khas Riau yang menarik untuk disantap karena, cita rasanya begitu nikmat. Meski mekanisme gula terhadap tekanan darah tinggi belum diketahui, tidak ada salahnya membatasi makanan manis agar terhindar dari berbagai penyakit. Sebagai contoh, susu dan makanan manis bisa meningkatkan kadar insulin. Hal ini bisa mengubah hormon lain yang dapat memengaruhi kondisi kulit.

Ada coklat, stroberi, kacang hijau, sirsak, dan masih banyak lainnya. Selain cara peyajiannya yang menarik mata, rasa kue cubit tradisional ini pun tak kalah nikmat dengan makanan yang ditawarkan di kafe mewah. Tanpa menghilangkan keaslian cara membuatnya, jajanan ini kini terlihat lebih menggugah selera. Harganya pun terbilang murah meriah, dengan membayar Rp5 ribu pembeli bisa menikmati kue cubit ini.

Jajanan favorit gulali

Permen yang terbuat dari adonan gula kental manis jawa dan biasanya berwarna merah dan hijau. Lalu adonan diberi perwarna makanan seperti warna hijau, merah, oranye, dan Agen Bola Online kuning. Supaya tidak mengkristal, setelah diberi pewarna gula karamel itu didiamkan di atas wajan. Setelah itu, gula karamel dipanggang dalam api yang ukuran kecil.

Kini, kata Eka, sebagian besar pedagang permen gulali yang tersisa kebanyakan kalangan orang tua. Mereka biasanya berjualan berkeliling dengan naik sepeda motor, dimana gerobak yang berada di bagian belakang sepeda motor dilengkapi kompor untuk memanaskan gula. Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah kedua jenis pewarna berbahaya itu banyak ditemukan dalam jajanan atau produk pangan yang dijual tanpa kemasan. Banyak digunakan sebagai pewarna kerupuk, sirop, es, gulali, merah delima, saus. Kantong-kantong itu selain berfungsi menyimpan barang juga berfungsi sebagai gendang atau alat musik pukul.

Biasanya, gulali berbentuk rambut nenek berwarna putih dan merah muda ini disajikan dengan makanan sejenis kerupuk tipis, sebagai pelapis. Jika ingin jajan yang manis-manis, coba pilih permen gulali dengan berbagai bentuk ini. Permen yang terbuat dari adonan karamel itu diberi pewarna merah, hijau ataupun cokelat keemasan untuk menambah daya tarik pembeli. Adonannya juga dapat dibuat menjadi beragam bentuk seperti bunga, terompet, burung, dan bentuk unik lainnya. Permen tersebut baru akan dibentuk saat dipesan, terkadang penjual pun menambahkan susu kental manis cokelat sebagai isiannya. Gulali tarik, permen gula, atau kembang gula sudah akrab di kehidupan generasi 80-an dan 90-an, jajanan manis yang terbuat dari gula selalu menjadi jajanan favorit kala itu.

Comments are closed.