Cegah Stres Finansial Dengan Cara Mengatur Keuangan Ini

Written by Side on July 10, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Jadi, jika kamu berencana untuk membeli benda-benda yang harus dicicil, seperti smartphone misalnya, tahan dulu keinginanmu, ya. Dengan menetapkan prioritas, kamu dapat mengontrol langsung pengeluaran dan pemasukan keuangan pribadi setiap bulan. Setelah mencatat setiap pengeluaran dan pendapatan tiap bulan, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Ketahui apakah uang yang dikeluarkan memang telah digunakan untuk hal yang diprioritaskan.

Tips mengatur keuangan

Rencana keuangan sangat penting untuk mengendalikan keuangan dan mencapai tujuan tertentu. Singkatnya, rencana keuangan adalah garis waktu untuk tonggak penting dalam hidup Anda. Jika Anda perlu bantuan dengan keuangan, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, cari kiat-kiat mengontrol keuangan dari buku yang ditulis oleh para ahli. Mulai dari cara keluar dari utang hingga cara membangun portofolio investasi. Buku menawarkan cara yang bagus untuk mengubah pendekatan Anda dalam mengelola uang. Pada titik tertentu, Anda mungkin ingin pensiun, dan itu akan sulit dilakukan tanpa dana pensiun.

Selain itu, tambahan modal tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membeli armada perusahaan ataupun menambah varian produk. Semakin lama usaha Anda dijamin akan berkembang pesat sesuai dengan impian dan target yang diinginkan. Anggaran perusahaan juga menjadi cara untuk melakukan pengelolaan serta pengawasan terhadap keuangan usaha. Sayangnya, pembuatan anggaran belum diterapkan oleh sebagian besar usaha terutama yang masih dalam taraf UKM. Sebagai bagian dari laporan keuangan, arus kas perusahaan sangat membantu untuk mengetahui perjalanan kas yang masuk dan keluar. Kesalahan yang sering dilakukan pemilik usaha adalah menggunakan laba untuk membeli hal-hal yang kurang dibutuhkan, sebatas menyenangkan diri sendiri.

Setelah mengetahui kondisi kesehatan keuangan kita, segera buat prioritas untuk memperbaiki kesehatan keuangan Anda. Hal tersebut terbukti akan mengehmat pengeluaran bulanan kamu, ketimbang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, karena harga bahan bakarnya cukup mahal. Hal itu dikarenakan, supermaket memiliki harga yang sudah diakumulasi dengan biaya pajak. Sehingga, harga barang-barangnya lebih mahal daripada di pasar tradisional.

Kamu bisa menjual jasa atau barang secara on-line, baik melalui marketplace atau dengan memanfaatkan media sosial kamu. Ada banyak dampak yang diberikan untuk perekonomian secara international. Termasuk kehilangan pekerjaan atau mendapatkan gaji hanya sebagian.

Membeli masker, hand sanitizer dan bahan makanan tentu memang diperlukan untuk menghadapi pandemi corona. Anda telah menabung secara rutin, sekarang saatnya untuk menentukan kembali goal tabungan. Walaupun hanya menabung sedikit, jika dilakukan secara rutin dan disiplin, akan membuahkan hasil maksimal. Jika Anda berniat untuk mengontrak rumah, perlu diketahui bahwa biaya mengontrak rumah biasanya mengalami kenaikan setiap tahun. Saat menempati rumah kontrakan, bisa saja Anda mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan. Namun, saat ingin mengubah gaya interior atau eksterior rumah, Anda harus meminta izin dahulu dengan pemilik rumah dan belum tentu dapat mengubahnya.

Alokasikan dana sebesar 30% dari penghasilan ALovers untuk biaya hidup sehari-hari. Gunakan uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk makan, membayar tagihan listrik, air, dan juga belanja bulanan. Anda yang baru membangun bisnis dan mengatur keuangan usaha tentu harus melakukan perencanaan keuangan secara common.

Intinya, hindari berhutang hanya untuk mengikuti tren dan memenuhi keinginan konsumtif kamu. Kalau tidak, kamu bisa sulit untuk menabung untuk masa depan, lho. Jika sudah, kemudian lakukan perhitungan secara mendetail untuk kebutuhan dana yang akan menjalakan suatu kegiatan usaha, serta tentukan juga kapan kegiatan tersebut harus dijalankan.

Yuk, cek kembali kebiasaan kamu selama ini, dan coba mulai terapkan 10 suggestions berikut untuk mengatur gaji yang pas-pasan. Boleh loh untuk memberi diri kamu reward jika ternyata kamu sukses meminimalisir pengeluaran. Semoga cara ini bisa memotivasi kamu untuk lebih banyak menabung dan berpikir ulang jika memang ingin berbelanja. Kebutuhan kedua seperti kebutuhan pelengkap sebesar 5%, seperti jajan takjil, kopi atau delivery makanan. Kebutuhan ketiga yang bersifat hiburan seperti berbelanja baju, gadget dan perintilannya dialokasikan sebesar 5%. Jakarta, Jurnas.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diterapkan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus corona baru (COVID-19) bisa dibilang berdampak besar pada finansial kita.

Comments are closed.